Pengertian, Fungsi dan Jenis Jenis Modem


Modem (Modulator dan Demodulator) yaitu Modulator adalah bagian yang berfungsi guna mengubah sinyal informasi menjadi sinyal pembawa atau carrier dan siap dikirimkan, proses ini biasa dinamakan dengan proses modulasi. Sedangkan Demodulator merupakan bagian yang memisahkan sinyal informasi dari sinyal pembawa yang diterima yang selanjutnya informasi tersebut dapat diterima dengan baik, pada proses ini data akan dipisahkan dari frekuensi tinggi dan data yang berupa sinyal analog akan diubah kembali menjadi sinyal digital agar bisa dibaca oleh komputer.

Fungsi dari modem adalah untuk komunikasi dua arah yang merubah sinyal digital menjadi sinyal analog atau sebaliknya untuk mengirimkan pesan/data ke alamat yang dituju. Modem juga dapat mengompresi data dan dapat berfungsi dalam mendeteksi error yang dalam artian apakah informasi yang diterima rusak atau tidak. Modem yang terlibat dalam koreksi error ini membagi informasi ke dalam paket yang disebut frame. Sebelum mengirim informasi ini, modem akan melabelkan masing-masing frame dengan checksum. Checksum merupakan metode memeriksa redundansi dalam menyajikan data pada komputer. Modem yang menerima informasi tersebut akan langsung memeriksa apakah informasi tersebut sesuai dengan checksum yang dikirim oleh masing masing modem.

Jenis-jenis modem
Modem dapat dibedakan berdasarkan pemasangan, jaringan dan berdasarkan jenis koneksinya.
Menurut pemasangannya, modem dibedakan atas 2 yaitu modem internal dan modem eksternal.
  • Modem Internal, yaitu perangkat jaringan yang terdapat pada papan ekspansi yang dipasangkan pada slot motherboard. keuntungan modem ini adalah cara pemasangannya mudah dan harganya relatif lebih murah. Modem internal ini juga dikenal sebagai On-Board Modem

Modem Internal

  • Modem eksternal, yaitu modem yang dipasangkan di luar komputer, biasanya ditancapkan pada slot USB dan Kabel LAN. Kelebihan dari modem ini adalah dapat dengan mudah dibawa atau dipindahkan ke tempat lain.

Modem Eksternal


Modem berdasarkan jaringannya dapat dibedakan menjadi modem dengan media kabel dan modem dengan media tanpa kabel.
  • Modem dengan media kabel, yaitu sebuah modem yang menggunakan kabel sebagai media perantaranya. (contohnya: TV kabel dan jaringan telepon).

Modem dengan media kabel

  • Modem tanpa kabel, modem ini menggunakan media tanpa kabel untuk perantaranya (contoh: modem GSM dan Modem CDMA).

Berdasarkan jenis koneksinya, modem dapat dibedakan atas beberapa jenis, yaitu:
  • Modem analog, yaitu modem yang menerima data dalam bentuk sinyal analog melalui suatu jaringan transmisi data setelah itu mengubahnya menjadi data digital untuk dikirimkan pada komputer, atau bisa juga sebaliknya

Modem analog

  • Modem DSL (Digital Subscriber Line), yaitu salah satu jenis modem yang digunakan untuk menghubungkan komputer pribadi (PC) ke Internet.

Modem DSL

  • Modem CDMA (Code Division Multiple Acces), adalah sebuah modem nirkabel yang bekerja dengan jaringan CDMA serta menggunakan teknologi CDMA.

Modem CDMA

  • Modem GSM, yaitu modem yang menggunakan telepon seluler sebagai sistem transfer datanya.

Modem GSM

Subscribe to receive free email updates: